Thursday 23 December 2010

2011 FIA Formula One World Championship Race Calendar

01 2011 FORMULA 1 GULF AIR BAHRAIN GRAND PRIX (Sakhir) 11 - 13 Mar
02 2011 FORMULA 1 QANTAS AUSTRALIAN GRAND PRIX (Melbourne) 25 - 27 Mar
03 2011 FORMULA 1 PETRONAS MALAYSIA GRAND PRIX (Kuala Lumpur) 08 - 10 Apr
04 2011 FORMULA 1 UBS CHINESE GRAND PRIX (Shanghai) * 15 - 17 Apr
05 2011 FORMULA 1 TURKISH GRAND PRIX (Istanbul) 06 - 08 May
06 FORMULA 1 GRAN PREMIO DE ESPAÑA 2011 (Catalunya) 20 - 22 May
07 FORMULA 1 GRAND PRIX DE MONACO 2011 (Monte Carlo) 26 - 29 May
08 FORMULA 1 GRAND PRIX DU CANADA 2011 (Montreal) 10 - 12 Jun
09 2011 FORMULA 1 GRAND PRIX OF EUROPE (Valencia) 24 - 26 Jun
10 2011 FORMULA 1 SANTANDER BRITISH GRAND PRIX (Silverstone) 08 - 10 Jul
11 FORMULA 1 GROSSER PREIS SANTANDER VON DEUTSCHLAND 2011 (Nürburgring) 22 - 24 Jul
12 FORMULA 1 ENI MAGYAR NAGYDÍJ 2011 (Budapest) 29 - 31 Jul
13 2011 FORMULA 1 BELGIAN GRAND PRIX (Spa-Francorchamps) 26 - 28 Aug
14 FORMULA 1 GRAN PREMIO SANTANDER D'ITALIA 2011 (Monza) 09 - 11 Sep
15 2011 FORMULA 1 SINGAPORE GRAND PRIX (Singapore) 23 - 25 Sep
16 2011 FORMULA 1 JAPANESE GRAND PRIX (Suzuka) 07 - 09 Oct
17 2011 FORMULA 1 KOREAN GRAND PRIX (Yeongam) 14 - 16 Oct
18 2011 FORMULA 1 GRAND PRIX OF INDIA (New Delhi) * 28 - 30 Oct
19 2011 FORMULA 1 ETIHAD AIRWAYS ABU DHABI GRAND PRIX (Yas Marina Circuit) 11 - 13 Nov
20 FORMULA 1 GRANDE PRÊMIO DO BRASIL 2011 (Sao Paulo) 25 - 27 Nov

Periksa Tekanan Angin Ban Sebelum Beraktifitas

Periksa Tekanan Angin Ban Secara Rutin

Periksa tekanan angin ban sebelum jalan

Kondisi ban dengan tekanan angin benar akan me3ngurangi efek gaya gesek ban terhadap permukaan jalan, sehingga konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit.

Mengemudi dengan tekanan angin 50kPA (0,5 kg/cm2) dibawah seharusnya akan mengurangi efisiensi BBM sebesar 2-4% di dalam maupun di luar kota

Pertimbangkanlah memmasang alat monitor tekanan angin ban pada mobil anda, sehingga dapat mengetahui kapan harus mengisi atau menambahnya.

Ban dengan tekanan angin benar akan menambah daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Selain untuk pemeliharaan lingkungan, andapun akan mendapatkan ban yang lebih aman. (Disajikan oleh Bridgestone)


Tips Bersihin Jok Mobil


Interior mobil perlu mendapat perawatan berkala. Salah satu porsi paling besar adalah jok. Ada yang sudah dilapisi, entah itu dengan menggunakan kulit atau sintetik, yang pasti kedua jenis bahan itu mudah dibersihkan.
Apalagi yang memakai bahan fabric. Menurut Edy, seat maker Vertue Concept di Jakarta Utara, jenis ini cepat kotor lantaran sifatnya gampang menyerap. Dan jadi biang penyakit karena debu yang ngumpul dan lembab.

Di bawah ini ada tips membersihkan jok berlapis bahan sintetik.

* Siapkan ember kecil yang berisi air hangat, sabun bayi atau sabun lembut lainnya. Kemudian chamois dan lap kering yang bersih.
* Untuk membersihkan noda, campurkan air hangat dengan sabun bayi atau sabun lembut tadi. Seterusnya, dilap dengan chamois yang sudah dicelupkan.
* Gosok noda secara perlahan sampai hilang, sambil diteruskan mengelapnya sampai kering.
* Jika noda tidak hilang, pembersihan bisa dijabani dengan cleaner khusus untuk synthetic leather.
* Untuk perawatan rutin, sebaiknya dilakukan setidaknya dua minggu sekali.

Rawat Mobil Matic, Supaya Awet

andreas Merdiyanto | Monday, 20 December 2010 16:47

matik1Permintaan akan pasar mobil matik sekarang ini semakin bertambah, dengan diluncurkannya beberapa varian mobil matik oleh ATPM pada tahun 2010 ini.

Untuk daerah yang memang terkenal dengan kemacetannya seperti di Jakarta, mobil matik bisa menjadi pilihan terutama buat para wanita yang menginginkan kenyamanan yang lebih pada saat terjebak di kemacetan. Semua itu juga akan terwujud jika perawatan yang dilakukan sesuai dengan prosedurnya, bagian yang paling butuh perawatan di mobil matik adalah perangkat perseneling terutama gearbox.

Didalam gearbox matik ada yang namanya Automatic Transmission Fluid (ATF), yaitu fluida yang berfungsi tidak hanya untuk melumasi. Prinsip hidrolis dalam gearbox matic perlu mediator, terutama untuk mengatur perpindahan gigi dan merapatkan plat kopling.

Jadi,kalau viskositas/kekentalannya turun, maka tekanan yang dihasilkan juga bakal berkurang. Gejala awal yang bisa dirasakan antara lain tarikan awalnya jadi lelet, perpindahan gigi jadi lambat. Jika hal tersebut terjadi maka Fluida matik sudah harus diganti, selain tingkat kekentalannya turun, kerja pompa oli yg bersistem mekanis juga akan terganggu. Pasalnya, tidak ada proses pembakaran di transmisi matik, turunnya viskositas fluida disebabkan kontaminasi akibat masa pakai.

matik2
Untuk gejala kerusakan pada transmisi matik bisa dirasakan dari slip kopling. Biasanya terjadi ketidakseimbangan putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mesin. Perpindahan gigi persneling juga menyentak, tak halus seperti biasa.

Ini bisa dicek dengan memasukkan persneling ke posisi D atau R, kemudian lepaskan pedal rem, bila mobil langsung bergerak maka mobil masih dalam keadaan yang sehat dan jika tidak kemungkinan ada masalah pada transmisi automatic-nya.

Untuk perawatan plat kopling mobil matik agar tidak cepat rusak, jangan posisikan tuas persneling pada saat parkir di posisi P (park) sebelum mobil berhenti tepat dan jangan biarkan tuas persneling di posisi D (drive) pada saat sudah terparkir.

(Rnl) situsotomotif.com